Jumat, 21 Maret 2014

Definisi manajemen dan fungsinya



1.Definisi Manajemen Menurut Para Ahli

Menurut G.R. Terry:
Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksudmaksud yang nyata.

Menurut Hilman:
Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.

Menurut Ricky W. Griffin:
Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Menurut Drs. Oey Liang Lee:
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut William H. Newman:
Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.

Menurut Renville Siagian:
Manajemen adalah suatu bidang usaha yang bergarak dalam bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh para tenaga ahli tyerlatih serta berpengalaman.

Menurut Prof. Eiji Ogawa:
Manajemen adalah Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.

Menurut Federick Winslow Taylor:
Manajemen adalah Suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain)atau setiap system kerjasama manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alat-alat perumusan.

Menurut Henry Fayol:
Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.



Lyndak F. Urwick:
Manajemen adalah Forecasting (meramalkan), Planning Orga-nizing (perencanaan Pengorganisiran), Commanding (memerintahklan), Coordinating (pengkoordinasian) dan Controlling (pengontrolan).

2.Fungsi Manajemen
1.      Dalton E.M.C. Farland (1990)
Planning
Organizing
Controlling
2.      George R. Ferry (1990) :
Planning
Organizing
Controlling
Activating
3.      H. Koontz dan O’Donnel (1991) dalam “The Principles of Management” :
Planning
Organizing
Staffing
Controlling
Directing
4.      Luther Gullick :
Planning
Organizing
Staffing
Directing
Coordinating
Reporting
Controlling
5.       Nickels & McHugh :
Planning
Organizing
Directing
Controling
6.       Richar W Griffin :
Planning
Organizing
Leading
Controling
7.      Ernest Dale :
Planning
Organizing
Staffing
Directing
Innovating
Representing
Controling
8.      Henry Fayol :
Planning
Organizing
Commanding
Coordinating
Controlling
9.      Lyndall Urwick & Luther Gulick :
Planning
Organizing
Staffing
Directing
Coordinating
Reporting
Budgeting
10.  John Robert B, Ph.D :
Planning
Organizing
Commanding
Controlling
11.  Dr. Winardi, S.E :
Planning
Organizing
Coordinating
Actuating
Leading
Communication
Controlling
12. Dr. S.P. Siagian, M.P.A :
Planning
Organizing
Motivating
Controlling
13. William Spriegel :
Planning
Organizing
Controlling
14. Dr. Winardi, S.E :
Planning
Organizing
Coordinating
Actuating
Leading
Communication
Controlling
15. The Liang Gie :
Planning
Decision Making
Directing
Coordinating
Controlling
Improving
16. James A.F.Stoner :
Planning
Organizing
Leading
Controlling
17. Louis A.Kallen
Planning
Organizing
Actuting
Leading
18. Oeng Liang Lee
Planning
Organizing
Directing
Coordinating
Controlling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar